Kebohongan Didunia Internet

16:36:00

Internet memang sangat luas, internet sudah mendunia dan dengan cepat teknologi-teknologi baru yang sedang berkembang pun semakin cepat tersebar di dunia. Internet merupakan sumber informasi terluas dan terkaya, tetapi banyak orang yang menggunakan internet sebagai modus penipuan dan mencari uang dengan cara kotor. 
Berikut saya uraikan beberapa kebohongan yang sering kamu lakukan di internet

1. Bohong Soal Umur

kebohongan-di-internet (7)
Ngaku deh, kamu pasti pernah memalsukan umur di internet kan? Beberapa situs media sosial membatasi penggunanya dengan batas usia minimal 17 tahun. Nah, untuk mengakalinya saat belum cukup umur, kamu pasti pernah membuat data tanggal lahir palsu kan? Toh di internet mereka tidak akan memeriksa keabsahan data yang dimasukkan.

2. Membuat Akun Palsu

Senada dengan poin pertama, setelah kamu berbohong soal umur biasanya akan berbohong soal data-data lainnya. Secara nggak langsung di sini kamu sudah membuat profil palsu. Yakin deh, profil yang kamu buat itu pun pasti menggunakan email yang berbeda dengan email pribadi kan?
kebohongan-di-internet (6)
Biasanya tujuan membuat akun palsu ini agar bisa masuk suatu situs hanya untuk mencari informasi khusus. Karena tidak mau dibanjiri oleh spam, maka dibuatlah akun palsu. Tapi ada juga yang berbohong menggunakan akun palsu untuk membuat alter ego atau bahkan menipu orang lain.

3. Memalsukan Gender

kebohongan-di-internet (3)
Saat harus mengisi bagian gender di form pendaftaran, kadang kita mengisinya asal-asalan karena berpikir tujuannya hanya sementara. Tapi ada juga sih yang memang sengaja memalsukan gendernya agar bisa memikat banyak lawan jenis. Misalnya kamu cowok, tapi membuat Facebook dengan gender dan foto cewek. Bukan hanya media sosial, pemalsuan gender juga banyak terjadi saat kita main game online.

4. Asal Terima License Term

Jaka yakin kebohongan di internet yang satu ini pasti sering kamu lakukan. Saat muncul halaman License Termyang berisi beberapa paragraf perjanjian waktu proses menginstal software tertentu, kamu pasti langsung memilih tombol Accept kan?
kebohongan-di-internet (5)
Yakin deh, kamu pasti langsung scroll ke bawah dan men-check list kolom 'I’ve read and accept license term', kan? Entah karena nggak bisa bahasa Inggris atau karena memang malas baca, yang pasti cara ini adalah yang paling mudah dan cepat.

5. Asal Isi Survei

kebohongan-di-internet (4)
Ngaku deh, kamu pasti pernah berpartisipasi dalam survei yang sedang mencari informasi ilmiah atau informasi penting lainnya kan? Kamu yang sedang terburu-buru berselancar di internet karena ada urusan lain pasti pernah sembarangan mengisi kuisioner yang ada kan?

6. Lokasi Palsu

Hanya untuk bisa eksis di media sosial, beberapa pengguna internet sampai rela berbohong menggunakan lokasi palsu. Tujuannya sederhana, hanya agar bisa terlihat berkelas di mata pengguana sosial media yang lain. Tapi please deh, memalsukan lokasi di Path, Instagram, dan yang lainnya itu nggak ngaruh buat kehidupan nyata kamu.
kebohongan-di-internet (2)
Tapi ada juga yang memalsukan lokasi hanya karena ingin mendapatkan hak akses ke suatu layanan yang dibatasi oleh pengembangnya. Misalnya saat Clash Royale yang awalnya terbatas hanya untuk pengguna di Amerika Serikat dan negara lainnya, kita yang di Indonesia bisa main Clash Royale dengan cara memalsukan lokasi.

7. Foto Full Touched

Sentuhan Photoshop membuat foto yang tadinya biasa aja jadi tampak menakjubkan. Yang awalnya penuh bintik dan garis halus di wajah, berkat Photoshop kulit muka jadi mulus.
kebohongan-di-internet (1)
Bahkan sejak ada aplikasi Camera 360 yang dibekali fitur Beautify, setiap selfie wajah kamu bisa berubah 180 derajat! Ngaku deh, sering kan pake foto profil dengan muka yang hasil Beautify? Itu udah termasuk berbohong di internet loh.

8. Mengisi Data Palsu di Formulir Online

Dengan alasan keamanan, kamu pasti pernah mengisi formulir online dengan data palsu kan? Biasanya mengisi email yang bukan email utama, alamat palsu, atau bahkan nomer kontak palsu.
kebiasaan-berbahaya-saat-internetan-2
Hal ini terbilang tepat untuk menghindari spammer. Tapi, jika mengisi data penting untuk suatu organisasi resmi, kamu harus isi dengan data asli ya!

9. Membuat CHatting Palsu

Untuk terlihat keren, kamu bisa dengan mudah membuat screenshot chatting palsu bersama artis atau orang yang kamu suka. Ada banyak kok aplikasi untuk membuat chatting palsu. Tapi awas, jangan gunakan ini untuk membuat chatting palsu penyebar hoax ya!

Sumber : Jalantikus.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »